×

Blog

Jenis jenis Kain Baju Konveksi

Berbagai macam baju yang sudah jadi tentu mempunyai jenis bahan kain yang berbeda-beda. Bahan-bahan yang ada pada pakaian bisa kita sesuaikan dengan kebutuhan tubuh kita, untuk itu sangatlah penting untuk menentukan bahan sebelum membeli baju. Untuk itu disini saya akan sedikit memberi ulasan tentang berbagai macam bahan kain yang beredar di pasaran. Masing-masing dari jenis bahan kain ini mempunyai ciri-ciri dan jenis kain yang beragam.

Hal ini sangat cocok buat kamu pecinta fashion atau buat kamu yang ingin buka usaha fashion agar tau kelebihan dan kekurangan dari sebuah bahan kain agar kamu bisa menyesuaikan permintaan dari pelanggan. Berikut diantaranya:

Kain Wools

Bahan kain ini cocok banget jika kamu ingin membeli atau ingin menjahitnya sendiri ketika kamu ingin pergi ke daerah yang dingin atau bahkan sampai bersalju. Kain ini mempunyai tekstur yang cukup berat, jadi bahan ini cocok untuk bahan pakaian yang hangat atau sweater. Kain ini mempunyai keunggulan yang berbeda dengan bahan kain yang lain yaitu kwalitasnya yang lebih awet dibandingkan dengan jenis bahan kain yang lain, namun dengan syarat perawatan kainnya juga benar.

Kain Poly Ester

Bahan kain ini terbuat dari benang polyester yang mampunyai kemiripan dengan kain katun, namun kualistnya berada satu tingkat di bawah kualitas kain katun. Bahan ini terbuat dari serat sintetis yang dibuat dari hasil minyak bumi yang kemudian menghasilkan fiberpoly. Oleh karena sifat bahan dasarnya yang tidak alami, maka bahan ini tidak dapat menyerap keringat dan panas saat dipakai.

Kain Chiffon

Bahan kain ini sangat cocok untuk digunakan sebagai bahan pembuatan baju seperti dress, selendang, blouse, pelengkap kebaya, serta tudung kepala. Bahan ini mempunyai tekstur yang lembut serta halus, transparan, jatuh ketika dipakai dan mengikuti bentuk badan penggunanya. Kain ini terkadang terasa panas saat digunakan, namun tetap memberikan kesan anggun pada pemakainya. Melihat sifat dari bahan kain ini, tidak direkomendasikan untuk orang yang mempunyai badan gemuk. Kain chiffon ada yang terbuat dari polyester yang sering disebut chiffon polos serta ada yang terbuat dari bahan sutra yang disebut chiffon ceruti.

Kain Flannel

Kain ini sangat cocok untuk kamu yang ingin membuka usaha pembuatan kerajinan tangan, seperti pembuatan kotak tisu, gantungan kunci, hiasan hijab, dan dompet. Kain ini merupakan jenis kain yang terbuat dari bahan dasar serat wol tapi tanpa ditenun. Tekstur kain ini agak lebih tebal dari yang lain, namun sangat lembut dan lentur sehingga mudah dibentuk menjadi apa saja.

Kain Rayon

Kain ini sangat mendukung untuk penampilan kamu, yaitu sebagai pelengkap busana seperti jaket, jas, daster, syal, dasi, topi, atau kain pelapis sepatu. Banyak manfaatkan yang didapat dari adanya bahan kain ini. Selain itu kain ini juga dapat digunakan sebagai pelengkap perabot rumah tangga, alat-alat kebutuhan industri serta barang kesehatan pribadi.

Kain ini dikenal juga sebagai sutra buatan di dalam industri tekstil. Jenis dari kain ini tampak berkilau dan tidak mudah kusut. Manfaat yang didapat dari adanya kain ini adalah untuk industri kain batik Indonesia. Selain itu kain ini juga mempunyai kelebihan daya serapnya yang tinggi tidak, tidak mudah kusut, halus, dan tahan lama. Namun jenis kain ini mudah terbakar dan tidak elastis.

Kain Satin

Permukaan kain ini licin dan mengkilap sama halnya dengan kain katun silk tapi hanya pada satu sisi sedangkan sisi lainnya terlihat lebih suram. Kain satin sekarang mulai digunakan untuk pembuatan kerudung.

Kain Denim

Tekstur kain ini kasar, sangat tebal dan tidak mudah kusut serta memiliki ciri khas yang unik. Kain denim hampir disukai setiap kalangan karena semakin gelap warnanya akan semakin mudah mencari padanannya bajunya. Denim yang gelap juga terkesan lebih formal dan rapi dibanding dengan yang terang.

Kain Spandex

Kain ini cocok untuk bahan pembuatan pakaian dalam, busana pesta, casual wear, hingga jaket. Bahan kain ini terbuat dari serat kayu Eucalyptus (sejenis pohon pinus). Bahan ini terdiri dari dua macam spandex murni dan campuran dengan rayon. Kain ini juga dikenal dengan nama “Lycra”. Tekstur dari kain ini elastis, lembut, kuat, dan licin. Daya elastis kain ini bisa mencapai lima kali lipat dari bahan dasarnya tanpa rusak sedikitpun.

Ciri-ciri kain ini yakni: terasa lembut dan dingin saat bersentuhan dengan kulit kita; bahannya ‘jatuh’, tidak kaku, dan warnanya mengkilap; menyerap keringat, bisa dicuci dry clean; dan biasanya bahan/pakaian akan rusak jika direndam lebih dari satu jam di dalam detergen.

Kain Jersey

Bahan kain yang satu ini pasti sangat dikenal oleh para olahragawan, karena kebanyakan kaos-kaos/seragam olahraga menggunakan kain ini dalam pembuatannya. Sangat cocok buat kamu yang sekarang lagi demam olah raga sepak bola karena yuvoria dari piala dunia Rusia. Kain ini melekat pada tubuh dan ‘jatuh’-nya terlihat sangat enak. Untuk saran, pilihlah jersey olahraga yang ukurannya satu tingkat di atas baju kita yang lain agar tidak menimbulkan kesan melekat ketat, sehingga kurang enak dipandang.

Buat kamu yang mempunyai hobi menjahit atau ingin membuka usaha di bidang fashion, bahkan ingin membuat seragam dengan bahan yang kamu pilih dari berbagai jenis kain diatas, dapat lihat koleksi dari Pesanseragam.com jasa konfeksi yang sangat rekomendet hasil dari konveksinya, mulai dari baju anak hingga dewasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat Whatsapp